Kenali Gaya Belajarmu, Raihlah Prestasimu

macam-macam gaya belajar
Tips Kenali Gaya Belajarmu

Pada setiap jenjang pendidikan Setiap siswa memiliki keunikan masing-masing. Keunikan itu yang menjadikan perbedaan antara satu individu dengan individu lain. Keunikan tersebut tidak bisa dipaksakan untuk diterapkan kepada siswa lain. Maka dari itu pendidik perlu mengetahui keunikan dari masing-masing muridnya. Kemudian pendidik seyogyanya menempatkan serta menyalurkan keunikan peserta didik agar nantinya peserta didik dapat berkembang dengan optimal dan maksimal sesuai dengan tingkat perkembangnya.

Ketika peserta didik sedang belajar untuk mencari ilmu, maka antara peserta didik satu dengan peserta didik yang lain akan saling berkompetisi untuk menjadi yang terbaik. Ketika berkompetisi itulah dapat diketahui misalnya dalam hal akademis mana saja peserta didik yang memiliki kemampuan diatas rata-rata, sedang dan kurang. Sebagai pendidik yang bijak, ketika mengetahui  akademis peserta didiknya belum maksimal, maka ada beberapa hal yang perlu dilakukan berupa introfeksilah diri sendiri sebagai pendidik. Jika ada hal yang dirasa kurang oleh pendidik itu sendiri maka lengkapilah kekurangan itu karena bisa jadi hasil yang didapatkan oleh peserta didik kurang maksimal bukan karena mereka memiliki kemampuan di bawah, bisa jadi karena metode yang dilakukan oleh pendidik kurang tepat dalam menyampaikan ilmu. Jika yang pendidik lakukan sudah baik, coba amati serta diskusikan dengan peserta didik siapa tahu mereka mengalami kesulitan belajar karena belum memahami gaya belajar yang sesuai dengan diri mereka sendiri. Mengenai gaya belajar, dalam dunia pendidikan sebenarnya terdapat gaya belajar yang beraneka macam.

 Berikut ini informasi mengenai macam-macam gaya belajar:

  1. Gaya belajar dengan melihat (Visual)

Gaya belajar yang satu ini lebih memfokuskan ketika belajar dengan menggunakan indra penglihatan (mata). Hal tersebut dapat diketahui ketika peserta didik lebih cepat menerima ilmu dengan cara melihat secara langsung.

  1. Gaya belajar dengan mendengarkan (Auditori)

Gaya belajar auditori maksudnya ketika peserta didik sedang belajar lebih memfokuskan dengan menggunakan pendengaran (telinga). Cara mengetahui peserta didik termasuk dalam gaya belajar ini dengan cara ketika pendidik menyampaikan ilmu melalui lisan maka peserta didik dapat menangkap ilmu tersebut dengan cepat ketika ia mendengarkannya.

  1. Gaya belajar dengan sentuhan (Kinestetik)

Gaya belajar ini biasanya dilakukan oleh peserta didik ketika sedang belajar peserta didik akan lebih cepat faham dengan cara menyentuh secara langsung objek yang dimaksud.

Itulah beberapa gaya belajar yang dapat dijadikan sebagai cara untuk menjadikan peserta didik dapat cepat faham untuk menguasai disiplin ilmu tertentu. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi semua pihak baik itu pendidik, peserta didik, orang tua serta masyarakat dan lain-lain.