Manfaat Puasa Lahir & Batin

Sejatinya, sebagai muslim kita harus memahami bahwa apa yang menjadi perintah dan larangan Allah, itu semua pasti ada sebab dan tujuannya. Seperti halnya perintah untuk berpuasa, yang mana dunia medis pun sudah mengakui bahwa puasa baik untuk kesehatan tubuh kita. Dan, hal tersebut juga diterapkan pada orang berdiet. Ya, meski diet cara melakukannya tak sama dengan ketika melakukan puasa, tak makan dan tak minum dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari, tapi dengan melakukan diet biasanya seseorang dianjurkan untuk berpuasa mengkonsumsi makanan tertentu.

Yang dimaksudkan dengan berpuasa mengkonsumsi makanan tertentu, adalah pantangan beberapa makanan yang memang tidak boleh dikonsumsi selama menjalankan diet. Jadi, sebelum dunia medis membuktikan bahwa berpuasa baik untuk kesehatan, sebelumnya sudah tertulis jelas di dalam Al Qur’an bahwa setiap muslim dianjurkan untuk menjalankan ibadah puasa, sehingga pun sudah jelas bahwa Allah memberikan perintah dengan tujuan yang jelas.

Oleh karena itu semua, Anda harus menjalankannya karena tak hanya termasuk kegiatan ibadah yang menghasilkan ibadah dan tentu saja puasa untuk kesehatan adalah salah satu modal agar kita semua bisa memiliki tubuh dalam keadaan prima, fit serta juga akan bertenaga ketika melakukan aktivitas apapun. Sebaiknya, jangan berpikir bahwa puasa dapat menyebabkan kesehatan Anda menjadi menurun, justru sebaliknya.

Tapi untuk orang yang memang sedang dalam kondisi sakit, tidaklah dianjurkan untuk berpuasa, karena orang yang sakit disarankan untuk makan dan minum dalam porsi yang lebih banyak serta setiap asupan nutrisi juga harus dipenuhi. Tujuannya adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan di dalam tubuh, supaya proses penyembuhan jadi lebih cepat.

Bukan hanya baik bagi kesehatan tubuh saja, dengan berpuasa kita bisa mengetahui seperti apa penderitaan para saudara muslim lainnya yang kurang beruntung. Dengan begitu, kita bisa merasakan seperti apa rasanya jika lapar dan haus melanda di tengah aktivitas yang sedang dilakukan. Pasalnya di sekitar kita memang terdapat orang-orang yang kurang beruntung, sehingga mereka jarang bisa memenuhi kebutuhan hingga tiga kali sehari. Walaupun bisa, namun makanan yang dikonsumsi adalah menu ala kadarnya yang belum terjamin kebersihan dan kandungan gizi yang terdapat di dalamnya.